Rabu, 05 Mei 2010

Susu.. oh...Susu


Ini bukan etalase toko susu, ini hasil penimbunan aku dalam rangka harga susu mo naik.
Ceritanya bulan kemarin Fakhry ngabisin 8 pcs Childschooll ukuran 800gr , tuh anak lagi suka - sukanya minum susu, abis makan, abis mandi, abis maen, dll teriak - teriak minta minum susu.  Papa bilang udah turutin aja.. mumpung anaknya doyan, dulu - dulunya gak gitu doyan... secara makan nya juga banyak, alhasil berat badan Fakhry naik mencapai 27 kg sekarang ini. Biasanya sebulan cuma 4 pcs, lalu naik jadi 6 pcs.. . lalu sekarang jadi 8 pcs...

Kalo beli di toko utk Childschooll harganya 91.000, malah ada yang jual 93.500, kalo di supermarket malah 100.000 lebih, nah kemudian ada kenalan papa yang sodaranya kerja di distributor susu tsb menjual dengan harga lebih murah 88.500, lumayan kan.. apalagi ibu - ibu pasti beli yang harga murah meskipun cuma selisih 1000 rp..

Untuk susu Filia, Child Kid biasanya harga 101.500 (hsl hunting toko termurah) , ini bisa di dapat dengan harga 98.500... Filia sebulan menghabiskan 4 pcs.nah kalo disitu juga ada gambar susu BMT Platinum, itu buat Nindy, ponakanku, mamanya titip sekalian karena di Bondowoso harganya selisih hampir 10.000rp lebih mahal dibanding di Jember

Memang harga susu mo naik dalam bulan ini kata distributor itu, makanya aku mengambil gerakan penimbunan

nah di gambar  itu ada 17pcs utk mas Fakhry, 8pcs utk dek Filia, 5 klg utk Nindy.... berapa duit tuh.....Aku jadi mikir betapa uang segitu hanya utk susu...hiks...seandainya aku punya anak lagi seumur Nindy... bisa bangkrut aku... blm kebutuhan yang lain - lain....harus punya pendapatan berapa sebulan *geleng- geleng...

Jadi aku setuju sangat dengan gerakan ASI eksklusif (6 Bulan) , seandainya itu diganti susu udah ngirit berapa duit tuh.........




42 komentar:

  1. wahhhhhhhhhhhhh buanyaknyaaaaaaa.........*membayang kan kalo sekarng ada di rumah mb dinaaa*

    BalasHapus
  2. bund, knp ngga nyoba susu UHT aja???

    BalasHapus
  3. sama kayak Bundanaznin, kalau menurutku susu UHT lebih irit dan lebih kecil resiko tercemarnya..harganya juga relatif stabil hehehe

    BalasHapus
  4. hayu kerumah jeng....sekalian foto- foto jug ama susu nya...

    BalasHapus
  5. walaaah...serasa buka toko susu nih hehehe...lumayan bisa nyetok susu sebulan....*oiya kalo punya anak lagi pasti masih bisa kok beli susu lagi dan gak bakalan bangkrut....jadi boleh loh kalo mau bikin adek lg buat fakhry dan fillia hehehe.

    BalasHapus
  6. maaf bund... susu UHT contohnya merk apa??, mmg aku juga pernah baca ttg susu UHT ... kasih info dong bund...

    BalasHapus
  7. iya yah.. bener mama zahra neeh, sma ada rezekinya nya, bayk anak bayk rezeki ..hehhehe

    BalasHapus
  8. sebenernya ngga enak nich sebut merk..takutnya dikira promosi,hehehe...
    merk susu UHT di pasaran banyak kok...klo salwa minumnya ULTRA yang plain

    BalasHapus
  9. kasih info lbh byk dong bund.. ntar aku bisa diskusikan ma suamiku.. thanks before..

    BalasHapus
  10. hm... Fakhry n Filia juga minumsusu itu tapi hny buat susu bekal ke sekolah.. tadinya aku mikir malah susu yang bgt itu yang gak baik, takut ada pengawetnya.. what do you think bund??? sharing dong...

    BalasHapus
  11. Wedeeew... pasti dirumah punya stock kaleng bekas susu segunung hihii. Sssst!! sebulan abis berapa buat beli susu doang mba??? aku niy udh ngeluh Khansa habis 7-8 kaleng kemasan 800gr per bulan. Gimana klo punya anak dua... tiga... empat... Huaaaa!!

    BalasHapus
  12. sama mam... pemborosan...bulan kemarin aku habis lebih dari 1.5 jtan.. . hiks... bln ini malah nimbun(1.9jt+2.4jt)...dulu waktu Fakhry aku kasih platinum.. pas pny anak Filia.... sma aku kasih yang biasa..hiks..... korban iklan aku ini..hiks..

    BalasHapus
  13. sharing lagi ma: kalau untuk eisha (5 tahun) biasanya minum susu UHT nya rasa plain *3 kali sehari* ukuran yang 200ml, harga ecerannya kalo ga salah 2800 per buah, kalo beli di hipermarket..kalo beli kartonan (isi 24) di agen bisa dapat harga lebih murah

    kalau adiknya safa beli yang UHT tapi yang 125ml harganya 1800 per pak *tapi beda merek karena yang plain ukuran ini biasanya gak ada"jadi ambil rasa vanilla, bisa juga beli kartonan yang isi 40 biji dapat harga lebih murah juga

    kalo keuntungannya buat aku adalah:
    1. lebih hemat (tapi ini tergantunbg frekuensi minumnya juga sih ya hehe, palagi kalau ayah bundanya ikutan minumm, hehe)
    2. lebih praktis, apalagi kalau lagi di jalan, di mobil, di tempat rekreasi, tinggal sobek atau kasih sedotan, ga perlu bawa termos atau air hangat
    3. lebih higienis (karena pake tetrapak)

    semoga bermanfaat ya maa

    BalasHapus
  14. thanks for sharing bund...tambah ilmu aku hr ini.. selama ini ternyata korban iklan ...hiks..

    BalasHapus
  15. justru UHT ngga pake pengawet bund...karena prosesnya biar awet pake pemanasan (UHT=ultra high temperature) dan cuma bertahan 6 bln (kondisi tertutup), klo dah dibuka harus dikulkas..klo sufor prosesnya panjang, gizi sususunya banyak yg hilang, makanya ditambahin zat2 lain yang blm tentu dibutuhkan.... coba googling mbak, banyak banget dibahas kok...salwa mulai 1 thn campur ASI+UHT, lebih dari 2 thn full UHT, alhamdulillah sehat & hemat...coba baca2 artikel dari web luar negeri, mrk sangat recomendasi UHT ini...bagaimanapun juga yg alami lbh baik daripada yg buatan....smg kita bs jadi bunda smart

    BalasHapus
  16. thanks bunda salwa.... ini aku sedang googling info ttg UHT, untung aku hari ini posting ini ya... ada tambahan ilmu dari teman2, thanks semua...

    BalasHapus
  17. bund.. yang aku pikirkan takutnya susu spt itu rusak dalam penyimpanan di toko, kadang2 kan di toko disimpan di gudang yang mugkin ada tikus or binatang2 lain, kotor gitu bund...lagian kan kemasannya cuma alumium foil gitu...(spt indomilk)...hehhehehe..

    BalasHapus
  18. hehehe...klo gitu banyak yang komplain donk, dan klo rusak pasti rasanya udah beda banget..susu UHT yg kemasannya udah dibuka trus ngga segera dimasukin ke kulkas rasanya udah berubah (asem2 gitu-basi)...
    tp so far alhamdulillah salwa pake UHT ngga ada masalah, bunda2 yg lain jg sepertinya ngga ada yg bermasalah ..
    aku belinya di distributornya langsung, udah langganan ...langsung dikirim kerumah, so ngga pernah beli di toko..
    ini cuma opsi kok bund, keputusan ada ditangan bunda....tiap orang tua pasti tau yg terbaik untuk buah hatinya....

    BalasHapus
  19. di rumah ada 4 anak, masih minta jatah beli susu semua.... *pening dah mbok-nya*

    BalasHapus
  20. @bunda salwa: ok bund.. ntar aku diskusi dgn suamiku.. mmg harus jadi smart mom..thanks lagi

    @bu ping : blm lagi ayah bundanya juga minta jatah susu kayak bunda eisha tadi ...btw usulan temen2 tadi ok utk di pertimbangkan....

    BalasHapus
  21. bunda..coba deh pake UHT..bukan mo iklan loch..tp emank bener yang dibilang bunda2 di atas..UHT tidak mengalami rantai panjang yang bisa menghilangkan kandungan susu itu sendiri seperti formula, kenapa dibilang formula?..krn susu formula telah banyak kehilangan zat2 vitamin murninya dan diganti (maaf) bahan kimia/formula lain yang melengkapi si susu tadi..
    maaf bunda..jika berkenan bisa di google atau ditanyakan ke aimi atao afb (asi for baby)..ASI dan selanjutnya UHT atau pasteurisasi lebih baik dibanding formula..mudah2an berkenan y bund..
    salam buat buah hati tercinta..^ ^

    BalasHapus
  22. terimaksih mama nayla...sharing kalian amat berguna buat aku...

    BalasHapus
  23. salam kenal bunda...saya juga tadinya susu bubuk minded ...tapi akhirnya beralih ke UHT :) lebih hemat ^ ^

    BalasHapus
  24. setujuu.................terutama bagian nomer 1....saya juga susunya ahahahahah :) *ngakak sendiri*

    BalasHapus
  25. wah mak MJ doyan juga rupanya.... jangan2 lebih bayk yang minum maknya drpd si MJ...hehheheh

    BalasHapus
  26. duh keliatan ya mama dina wkwkw pernah tuh dulu si MJ rewel ku beliin UHT di mini market...ga lama dia uda emoh ama si UHT....y udah dengan santenya aku minumm...eeeeee pas dia liat UHTnya aku minum...mukanya mau mewekk.....apenya tu UHT abisss ludes di mulut emaknya...hiksss memalukaaaaaaaaaan huheuehue

    BalasHapus
  27. wihiii..untuk susu aja sebulan dah berapa tuh mbak hehehe, untungnya Adam minumnya susu UHT jadi irit banget uangnya bisa buat ditabung, :D...

    BalasHapus
  28. Fyi, bund, di sini tidak dijual susu bubuk untuk anak-anak, kecuali untuk bayi di bawah 1 tahun. Pun tak ada susu khusus untuk ibu hamil. Jd semuanya minum susu UHT/pasteurisasi. Tp kenapa di Indonesia masih marak dan semakin bermacam2 ya? dan harganya juga.. bikin dompet cepet kosong.. :D

    BalasHapus
  29. Sedihnya aku,trnyt selama ini aku ketinggalan bgt....thanks y mama adam,sun syg buat adam

    BalasHapus
  30. Heran jg seeh bund,kalo pemerintah dah tahu susu UHT lbh baik napa sosialiasasinya krg,sufor beredar sempurna dgn iklannya yg beranekaragam,membentuk opini smkn mahal semkn bagus,masyarakat terbodohi spt aku ini....hiks

    BalasHapus
  31. baca postingannya mba Dina serasa balik ke 13 thn yg silam, sktr thn 97an, saat itu masa2 keruntuhan Suharto, $ menaik pesat dari kurleb 2-3 ribu/$ naik terus hingga belasan ribu/$, nah efeknya smua barang2 pd naik diantaranya susu anakku, udah gitu org2 pd Rush, supermarket sampe kehabisan barang, jd pembeli dibatasi max pembelian 3 pcs/item. Waktu itu toko2 biasa blom ngeh ada isu RUSH tsb, trus aku borong tuh susu anakku mulai dari yg kaleng sampe yg kemasan refil/kardus (sampe si tk dagang kebingungan) hehehe...*kenangan indah* anyway anaknya mba Dina usia brapa taun?

    BalasHapus
  32. Yg besar Fakhry 4 th,Filia 2 th 8 bln...iya neeh mb,aku kalap sm susu....abisnya mo naik 10rban neeh,kalo jaman segt aku msh kuliah,ikut2 demo gt hehehe

    BalasHapus
  33. harga susu mau naik yaa...kok aku ngak tahu...!! tapi aku sukanya ngak tahu harga susu anak2 ku...jadinya kalau naik juga yaa..ngak tahu...he..he...sama seperti harga sayuran....ngak tahu juga....alah...ibu macam aoa aku ini....doa aja deh yang penting ke beli...Insyaallah amiin..

    BalasHapus
  34. kok bisa seeh gak tahu harga susu mba ??

    BalasHapus
  35. hidup susu UHT.. satu keluarga susunya UHT. lebih murah, lebih sehat, lebih praktis, dan lebih enak.. apalagi dingin dari kulkas ;;)

    BalasHapus
  36. wkwkwkkwk.... asyik mamanya gak usah pusing mikirin susu...

    BalasHapus
  37. bravo susu UHT...qiqiqiiqi, neeh hari ini aku dah nyobain ke kantor jug abw susu UHT ..

    BalasHapus
  38. sampai 4 tahun, anakku minumnya sufor beginian mbak....pakeya yang platinum, lumayan juga abisnya. nah setelah itu, aku ganti ke susu UHT *sama ma bunda eisha tuh*, lumayan ngirit. dari yang tadinya 1,8 jt sebulan buat sufor 2 buncils, sekarang mereka tetep minum susu banyak, tapi lebih ngirit di kantong.........

    BalasHapus
  39. iya mba Arum... dari postingan ini aku jadi byk dapat info ttg susu UHT vs susu formula.. sufor emang bikin kantong bolong...

    BalasHapus

Elegant Rose